Selasa, Juni 23, 2009

pabrik semen di pati

Nasib Pabrik Semen Gresik di Pati Diputuskan Bulan Depan

Rabu, 27 Mei 2009 |

TEMPO Interaktif, Jakarta: PT Semen Gresik Tbk. akan memutuskan nasib rencana pendirian pabrik di Sukolilo, Pati, Jawa Tengah, bulan depan. Saat ini, perusahaan semen pelat merah ini masih mengkaji opsi-opsi terbaik setelah rencana pendirian di Pati menuai banyak protes.

"Kami masih kaji segala opsi. Bulan depan baru diputuskan," kata Direktur Utama PT Semen Gresik Tbk., Dwi Soetjipto, usai mengikuti peluncuran buku KOMPAS 100: the Book di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (27/5).

Seperti diberitakan, rencana pembangunan pabrik Semen Gresik di Pati hingga saat ini belum bisa terealisasi. Beberapa lembaga masyarakat menolak rencana itu karena menilai pembangunan pabrik semen tersebut akan mengancam lingkungan sekitar lokasi pembangunan.

Tak hanya lewat demonstrasi, aksi penolakan juga dilakukan dengan menyandera 13 pegawai Semen Gresik yang sedang melakukan proses pembebasan lahan. Manajemen Semen Gresik pun langsung mengancam akan membatalkan rencana pendirian pabrik di Pati dan memindahkannya ke Tuban. Ancaman itu disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dalam sebuah pertemuaan beberapa waktu lalu.

Edi mengakui salah satu opsi yang sedang dikaji adalah relokasi rencana pembangunan pabrik ke Tuban. Tapi dia masih enggan berbicara lebih detail soal rencana ini.